18 Januari 2016

Cara Membuat Masker dari Bahan Alami

Cara membuat masker dari bahan alami – Merawat kulit adalah keharusan untuk seorang wanita agar kecantikannya tetap terjaga. Salah satu metode perawatan kecantikan yang terkenal dan lazim dilakukan adalah dengan menggunakan masker. Masker dipercaya dapat menjadi sarana relaksasi tubuh dan pikiran selain sebagai pemberi nutrisi yang diperlukan oleh kulit. Penggunaan masker sebagai cara untuk merawat tubuh banyak ditemukan di salon kecantikan atau spa. Namun apabila kamu tidak mempunyai banyak waktu untuk ke salon, kamu dapat juga menggunakan bahan-bahan alami dari dapur untuk dijadikan masker. Selain mudah didapat, tentunya tidak memerlukan biaya yang tinggi untuk melakukan perawatan tubuh dengan masker dan juga menghemat waktu kamu untuk pergi ke salon.


cara membuat masker dari bahan alami


Berikut bahan-bahan yang dapat dijadikan masker, di antaranya:

1. Kopi untuk menyamarkan selulit

Jika kamu penggemar kopi, jangan buang ampas kopi yang tersisa di cangkirmu. Gunakan ampas kopi tersebut sebagai masker atau scrub yang berguna untuk menghaluskan kulit dan menipiskan selulit yang sangat mengganggu penampilan kita. Kopi mengandung kafein yang terbukti dapat menstimulasi sirkulasi darah sehingga kulit menjadi lebih halus.
Untuk membuat ampas kopi menjadi masker caranya cukup mudah, campurkan satu genggam ampas kopi dengan masker wajah atau krim tubuh,campur hingga rata. Oleskan di bagian yang berselulit diiringi dengan gerakan memutar. Gerakan ini berguna untuk memicu kelenjar limfatik yang dapat menghancurkan jaringan lemak. Agar hasil yang didapat lebih maksimal, bungkus area tubuh yang sudah dimasker dengan plastik pembungkus. Lalu kenakan celana ketat dan lakukan aktifitas seperti biasa, setelah beberapa jam bersihkan tubuh dari masker  tadi dengan air hangat.

2. Masker beras untuk tangan halus

Kandungan Vitamin B1, C dan E yang terdapat pada beras bermanfaat untuk membuat kulit lebih putih dan mengecilkan pori-pori. Selain itu beras juga kaya akan alantonin atau yang biasa disebut anti-inflamasi dan mengandung asam ferulic sebagai antioksidan. Kandungan yang dimiliki beras juga dapat mempercepat proses pengelupasan kulit mati sehingga proses regenerasi kulit menjadi lancar.

Siapkan satu gelas air hangat, masukkan 75 gram beras merah kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah 1 jam, saring campuran air tersebut lalu blender hingga halus dengan 15ml santan dan setengah gelas daging buah labu. Setelah lulur jadi, oleskan pada telapak dan punggung tangan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, bungkus tangan kamu dengan sarung tangan. Gunakan sarung tangan yang terbuat dari karet atau plastik. Diamkan selama 15-20menit untuk memberikan waktu bagi nutrisi untuk menyerap sempurna. Apabila masker sudah mengering, lepas sarung tangan dan bilas telapak dan punggung tangan dengan air yang mengalir. Bisa juga menggunakan air hangat untuk hasil yang lebih baik lagi. 

3. Rambut berkilau berkat masker alpukat

Alpukat bermanfaat untuk melembabkan rambut yang kusam dan kering sehingga kembali berkilau dan juga mempunyai kandungan protein yang cukup yang dapat memperkuat rambut. Oleh karena itu masker alpukat bagus untuk semua jenis rambut.
Cara membuat masker alpukat: haluskan setengah buah alpukat atau tergantung rambut yang kamu miliki. Jika kamu mempunyai rambut yang panjang, mungkin diperlukan satu buah alpukat untuk membuat masker. Tambahkan seperempat cangkir minyak almond dan setengah cangkir minyak zaitun. Kedua bahan ini mengandung asam lemak yang membuat rambutmu menjadi bersinar, melembapkan kulit kulit kepala yang kering dan memperkuat rambut. Semua bahan diaduk hingga rata.
Sebelum mengoleskan rambut dengan masker, basahi rambut kamu terlebih dulu. Lumuri rambut dengan masker dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Apabila kulit kepala kamu kering dan terkelupas, lakukan pemijatan pada kulit kepala selama 5-7 menit sebelum dibilas. Diamkan rambut selama 20 menit lalu bersihkan rambut dengan sampo.
Demikian cara membuat masker dari bahan alami, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait