3 September 2013

4 Tips Kesehatan Ibu Hamil

4 Tips Kesehatan Ibu Hamil - Jika kamu membutuhkan referensi tips kesehatan ibu hamil, maka kamu telah berada pada laman yang tepat. Ya, walaupun tips kesehatan ibu hamil cukup banyak terdapat di media online maupun offline, namun tidak ada salahnya mengulas kembali tema ini, agar informasi mengenai tips kesehatan ibu hamil bisa diakses oleh lebih banyak orang. 

Tips kesehatan ibu hamil diperlukan sebagai pedoman praktis bagi wanita mengandung agar selalu bugar, tetap aktif, juga agar tidak mengalami gangguan kesehatan meskipun sedang berbadan dua. Adalah fakta bahwa umumnya wanita hamil mengalami pusing-pusing, pegal di persendian, kurang nafsu makan di awal kehamilan,  atau mengalami kram kaki di malam hari. Beberapa ibu hamil juga mengalami gatal-gatal di permukaan kulit perut dan bengkak di bagian kaki. Berikut ini adalah 4 tips kesehatan ibu hamil yang bisa direkomendasikan.

tips kesehatan ibu hamil
  1. Tips kesehatan ibu hamil untuk mengatasi rasa mual dan hilang nafsu makan di awal kehamilan. Walaupun perut terasa tidak nyaman, sebaiknya ibu hamil tetap memaksakan diri untuk sarapan walaupun dalam porsi kecil. Untuk menghindari rasa mual, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung minyak, lemak, atau mentega. Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah menghindari makanan asam. Merupakan fakta bahwa di masa hamil muda, dorongan untuk mengonsumsi makanan asam cukup besar. Namun, bahan pangan ini justru dapat memicu rasa mual dalam beberapa jam setelah dikonsumsi.
  2. Tips kesehatan ibu hamil yang kedua untuk mengatasi rasa pusing adalah dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau dan aneka makanan yang kaya akan zat besi, seperti hati dan daging merah. Umumnya, pusing pada ibu hamil dipicu oleh kekurangan zat besi.
  3. Ibu hamil kerap mengalami rasa linu dan pegal pada persendian, untuk mengatasinya adalah dengan melakukan senam khusus untuk ibu hamil. Bergabunglah dengan klub senam ibu hamil yang paling dekat dengan tempat tinggalmu, agar aktivitas senam bisa berlangsung nyaman, aman dan menyenangkan. Selain itu, konsumsilah berbagai bahan pangan yang banyak mengandung kalsium, untuk mengatasi pegal atau rasa nyeri di bagian persendian. Selain mengatasi nyeri sendi, mengonsumsi makanan atau minuman berkalsium juga merupakan tips kesehatan bagi ibu hamil yang berfungsi mengatasi kram yang sering terjadi di waktu malam. Dianjurkan juga agar pada saat beraktivitas di luar rumah, kenakanlah alas kaki tanpa hak, untuk mengurangi ketegangan pada otot betis dan pinggang.
  4. Pada ibu hamil juga  biasanya timbul rasa gatal pada permukaan kulit perut. Cara mengatasinya adalah dengan mengolesinya dengan minyak zaitun, lalu taburi dengan bedak antigatal. Sedangkan untuk mengatasi bengkak di bagian kaki adalah dengan mengurangi konsumsi garam.
Demikianlah 4 tips kesehatan ibu hamil ini, semoga bisa dijadikan referensi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait