Cari Tips

Cara Ampuh Mencerahkan Kulit Kusam


Cara Ampuh Mencerahkan Kulit Kusam
Kulit kusam biasanya terjadi karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. Kondisi ini akan terus bertambah jika kamu malas untuk merawat kulit.
Untuk itu cobalah menggunakan bahan yang mengandung butiran scrub agar sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat terangkat sehingga kulit menjadi lebih sehat. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran tepung beras dengan mentimun. 
Caranya, siapkan tepung beras sebanyak satu sendok makan, perasan air mentimun dan jeruk. Sesuaikan jumlah perasan air mentimun dan jeruk dengan tepung beras, agar mendapatkan campuran yang cukup kental dan dapat di oleskan pada kulit. Oleskan secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan, kecuali area mata. Biarkan selama 15-20 menit atau hingga mengering. Setelah itu bersihkan dengan air. Air perasan mentimun akan membantu melembutkan kulit, sedang air perasan jeruk dan tepung beras akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan membuat kulit kusam. 

Baca Juga: Tips Ampuh Kulit Mulus dengan Lulur Beras


tips ampuh mencerahkan kulit kusam

Kulit kusam dan kering juga dapat terjadi karena  terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya, gunakan campuran minyak almond, minyak biji rami, dan minyak zaitun. 
Minyak-minyak tersebut merupakan pelembab alami yang tidak hanya dapat melembabkan kulit, tetapi juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit.
Caranya, campurkan masing-masing setengah sendok teh minyak almond, minyak biji rami dan minyak zaitun. Tambahkan air murni tiga sendok teh kemudian campur hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah, diamkan selama 30 menit kemudian bilas sampai bersih.
Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Perubahan suhu yang sangat drastis dari panas ke dingin, atau sebaliknya dan penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga dapat  membuat kulit kusam.

Untuk mengatasi kulit kusam karena perubahan cuaca dapat menggunakan kunyit dan susu agar kulit kusam tampak kembali segar dan cerah. Caranya, ambil tepung terigu sebanyak satu sendok makan, sejumput bubuk kunyit, beberapa tetes air jeruk nipis, minyak zaitun dan susu cair masing-masing sebanyak satu sendok makan.

Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata dan oleskan keseluruh wajah atau kulit kusam dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air. Lakukan ini seminggu sekali agar kulit kusam kembali cerah.

Pola makan yang tidak sehat juga mempengaruhi kondisi kulit. Jika asupan makanan sehari-hari kurang vitamin A dan B dapat menyebabkan kulit kering dan kusam. Mengembalikan pola makan sehat tentunya dapat menyehatkan kembali kondisi kulit kusam dan kering. Untuk mengembalikan produksi kelenjar minyak dapat melakukan perawatan kuning telur. Caranya, ambil kuning telur, satu sendok teh perasan jeruk nipis, satu sendok teh minyak zaitun, dan beberapa tetes air mawar. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian oleskan campuran tersebut pada area kulit kusam atau pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata, biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Lakukan perawatan ini tiap pagi sebelum mandi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan ini dua minggu sekali, agar kulit kembali sehat, bersih dan cerah.

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Mencerahkan kulit kusam juga dapat dilakukan dengan menggunakan campuran stroberi dan madu. Zat antioksidan yang terkandung dalam stroberi akan membantu memperbaiki kulit kusam akibat lingkungan sekitar, seperti asap kendaraan dan rokok. Caranya, ambil satu buah stroberi dan lumatkan. Kemudian tambahkan madu sebanyak satu sendok teh. Oleskan campuran tersebut pada wajah yang telah dibersihkan, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih yang dingin. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.
Demikian cara ampuh mencerahkan kulit kusam, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Cara Ampuh Mencerahkan Kulit Kusam | T Ampuh | 5