Tips Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat



Tips Ampuh Cara Menghilangkan JerawatJerawat menjadi salah satu tanda bahwa pori-pori pada kulit wajah tertutup oleh minyak. Kondisi tersebut terjadi karena kelenjar minyak pada wajah sangat aktif, kemudian pori-pori tempat keluarnya minyak tersumbat yang kemudian kuman membuat peradangan. 

Meski berukuran kecil tapi kehadiran jerawat pada wajah  membuat penampilan menjadi kurang cantik, apalagi jika jerawatnya banyak dan kemerahan.
Akan lebih mengesalkan lagi jika jerawat tersebut meninggalkan bekas berupa flek hitam atau bopeng pada wajah. 


Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah


Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat? 

Berikut tips jerawat dan beberapa bahan yang bisa digunakan dirumah untuk menghilangkan, mengobati dan mengatasi jerawat:


Tips Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat

Teh Hijau atau Green Tea, teh hijau ini kaya akan kandungan antioksidannya serta bersifat antibakteri, sehingga dapat digunakan untuk mengobati jerawat.
Cara menggunakannya, sebelum memakai teh hijau, wajah dihangatkan menggunakan uap dari air panas untuk melembutkan kulit dan membuka pori-pori. Sesudah itu wajah dibersihkan, lalu ambil satu kantung teh hijau yang telah dicelupkan kedalam air hangat. Usapkan keseluruh kulit wajah, tekan-tekan dan fokuskan pada area wajah berjerawat. Fungsi teh hijau ini sebagai toner antibakteri dan sebaiknya rutin dilakukan setiap hari.


Selain teh hijau, putih telur yang kaya dengan kandungan vitamin A, B, D dan E, serta fosfor dan zat besi juga dapat mengecilkan pori-pori dan membersihkan jerawat. 
Untuk telur yang akan digunakan pilih telur ayam berukuran sedang dan untuk menghilangkan bau amisnya dapat dicampurkan dengan rhum. Campuran telur dan rhum tersebut kemudian dikocok hingga rata, lalu oleskan langsung pada wajah selama kurang lebih 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali dan dalam tiga bulan hasilnya akan terlihat. Perawatan wajah berjerawat ini tidak ada resiko efek sampingnya namun jika memiliki alergi terhadap telur sebaiknya berhati-hati karena bisa menimbulkan efek iritasi, bengkak, radang dan kemerahan.

Bagi wanita, untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya menghindari kosmetik yang mengakibatkan penyumbatan kelenjar minyak atau menutupi saluran kelenjar minyak dari luar. Pilihlah kosmetik yang bersifat non-comedogenic dan non-acnegenic sehingga make up yang digunakan tidak membuat jerawat makin banyak. Karena ada jenis jerawat yang memang disebabkan oleh pemakaian kosmetik atau disebut dengan acne cosmetic.
Selain itu kosmetik yang digunakan sebaiknya tidak yang compact karena akan menutupi pori-pori. Gunakan bedak tabur dan foundation yang cair, dan jika menggunakan sunblock pilihlah sunblock dengan SPF rendah tidak lebih dari 30.


Kemudian wajah juga harus dibersihkan secara rutin menggunakan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Jika kulit kamu terlalu berminyak maka disarankan untuk menggunakan sabun yang dapat mengurangi jumlah minyak seperti foam dan cleansing foam. Lakukan pembersihan wajah 3-4 kali sehari jika kulit kamu sangat berminyak dan sering beraktifitas diluar rumah.

Siang hari ketika matahari bersinar terik sebaiknya mencuci muka, karena pada siang hari kelembaban dan temperatur tinggi sehingga produksi minyak juga tinggi. Sebelum tidur, kamu juga harus membersihkan wajah dari kotoran dan make up sehingga pori-pori pada wajah tidak tertutup.
Cara membersihkan wajah juga harus diperhatikan, wajah yang berjerawat jangan digosok terlalu kencang karena dapat mengakibatkan peradangan pada kulit. Jika jerawat sedang meradang sebaiknya tidak menggunakan sabun yang mengandung scrub karena akan menambah peradangan. Untuk kulit wajah berminyak sebaiknya menggunakan sabun pembersih wajah khusus untuk kulit berminyak.


Baca Juga: Cara Merawat Kulit Sebelum Tidur
 

Jika jerawat berlanjut dan sulit hilang, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter kulit. Biasanya oleh dokter akan diberikan obat untuk mengurangi hipersensitivitas, reseptor hormon androgen dan mencegah banyaknya jumlah koloni p-acne serta mengatasi peradangan.  Juga akan diberikan obat oles yang berfungsi untuk mengempeskan jerawat dan mengatur pergantian kulit. Jika pergantian kulit sudah bagus, maka komedo yang ada pada wajah akan keluar dan bersih dengan sendirinya. Jerawat dengan tingkat yang parah biasanya akan diberi obat minum dan suntik jerawat.
Jika kulit wajah sedang berjerawat, sebaiknya tidak digaruk atau dipencet karena bisa menimbulkan bekas jerawat atau scar dan noda hitam di wajah. Jika bekas jerawat sudah terlanjur ada, kamu dapat mencoba menghilangkan bekas jerawat dengan mengikuti tips pada artikel Cara Menghilangkan Bekas Jerawat.


Demikian tips ampuh cara menghilangkan jerawat, semoga bermanfaat.

Tips Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat | T Ampuh | 5